Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh Bahasa arab, Latin Dan Terjemahannya

Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh Bahasa arab, Latin Dan Terjemahannya Doa Qunut adalah doa yang dibaca ketika kita mengerjakan sholat subuh baik bagi imam maupun ma'mum setelah ruku' dan berdiri untuk i'tidal pada raka'at kedua. Dan untuk hukum membacanya pada waktu sholat subuh ini para 'ulama berbeda pendapat, yaitu ada yang berpendapat sunnah muaakkad, yaitu sunnat yang sangat dianjurkan. Dan yang lainnya berpendapat bahwa hukmnya bid'ah, namun yang lebih shahih adalah sunnah muaakkad, atau sunnah ab'ad.

Namun menurut pengetahuan saya yang saya terima semasa saya di pesantren dulu, sebaiknya kita harus membacanya ketika melaksanakan sholat subuh, karena ada hadist Nabi yang berbunyi : Terus menerus Nabi Muhammad Saw membaca doa qunut pada sholat subuh sampai beliau meninggal dunia. itu berarti kita sangat dianjurkan untuk selalu melakukannya. Adapun untuk qunut diluar sholat subuh itu disebut Qunut nazilah, dan biasa dibaca saat meminta pertolongan dari Allah SWT.

Sebenarnya tidak ada perbedaan antara bacaan doa qunut subuh untuk imam dan ma'mum, hanya berbeda dari umum dan khususnya bacaan doa tersebut, kalau imam memdoakan untuk dirinya dan ma'mum, sedangkan ma'mum hanya mendoakan diri sendiri. Dan doa qunut juga bisa dibaca ketika kita sedang melaksanakan sholat sunnah seperti sholat tahajud dan tasbih. Berikut lafadz nya :

Bacaan Doa Qunut Subuh Berjamaah Latin Lengkap Dan Terjemahan


Bacaan Doa qunut subuh

اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ
وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ
وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ
وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ
وَقِنِيْ شَرَّمَا قََضَيْتَ،
فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ
وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ
وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ
تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ
فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ
وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ
وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ


Bacaan latin :

Allah hummah dinii fiiman hadait.
Wa'aa finii fiiman 'aafait.
Watawallanii fiiman tawal-laiit.
Wabaariklii fiimaa a'thait.
Waqinii syarramaa qadhait.
Fainnaka taqdhii walaa yuqdha 'alaik.
Wainnahu laayadzilu man walait.
Walaa ya'izzu man 'aadait.
Tabaa rakta rabbanaa wata'aalait.
Falakalhamdu 'alaa maaqadhait.
Astaghfiruka wa'atuubu ilaik.
Wasallallahu 'ala Sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi. Wa'alaa aalihi washahbihi Wasallam.

Artinya :

Ya Allah tunjukkan aku sebagaimana mereka yang telah Engkau tunjukkan. Berikan kesehatan kepadaku sebagaimana mereka yang telah Engkau berikan kesehatan. Dan peliharalah aku sebagaimana orang-orang yang telah Engkau peliharakan. Berilah keberkatan bagiku pada apa-apa yang telah Engkau karuniakan.

Dan selamatkan aku dari bahaya yang telah Engkau tentukan. Maka sesungguhnya, Engkaulah yang menghukum dan bukannya yang kena hukum. Dan sesungguhnya tidak hina orang yang Engkau pimpin. Dan tidak mulia orang yang Engkau musuhi.

Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha Tinggi. Maka bagi Engkaulah segala pujian di atas apa yang Engkau hukumkan. Aku memohon ampun dari-Mu dan aku bertaubat kepada-Mu. Dan semoga Allah mencurahkan rahmat dan sejahtera ke atas junjungan kami Nabi Muhammad dan keluarganya

Mungkin hanya itu artikel yang bisa saya berikan tentang doa qunut bahasa arab, latin dan terjemahan yang mungkin jauh dari kata sempurna, namun semoga saja bisa bermanfaat bagi kita semua. amiin