Bacaan Niat Mandi Nifas Setelah Melahirkan 40 Hari Dalam Bahasa Arab, Latin dan Artinya Lengkap

Bacaan Niat Mandi Nifas Setelah Melahirkan 40 Hari dalam Bahasa Arab, Latin dan Artinya Lengkap Melaksanakan mandi setelah masa 40 hari dari melahirkan merupakan salah satu kewajiban yang khusus bagi perempuan, yang sudah tentu apabila hukumnya wajib berarti disitu ada nilai ibadah yang pastinya terdapat beberapa ketentuan seperti niat.

Kita pasti sudah mengetahui bahwa niat adalah salah satu yang sangat penting dalam mengerjakan ibadah. Dalam arti apabila pekerjaan ibadah kita tidak disertai niat maka pekerjaan itu tidak termasuk ibadah, dan akibatnya ibadah kita tidak dianggap (sia sia).

Sebelum kita membahas niat mandi wajib nifas, kita bahas dulu sekilas tentang nifas itu sendiri. Nifas adalah darah yang keluar setelah melahirkan, meskipun yang dilahirkan hanya berupa ‘alaqah (gumpalan darah) atau mudghah (gumpalan daging). Atau yang dikenal dengan keguguran. Walaupun plasentanya (ari-ari,) masih tertinggal di dalam rahim.

Lamanya nifas dan sucinya

Sekurang-kurangnya seorang wanita keluar darah nifas adalah satu tetesan, kebiasaannya Nifas 40 hari dan malam, sedangkan sebanyak-banyaknya nifas, selama 60 hari dan malam. Semuanya ini juga dengan dasar hasil penelitian Imam Syafi’i Ra. Kepa-da wanita Arab di Timur Tengah (Hasyiyah Al-Bajuri: 1/111)

Bacaan Niat Mandi Nifas Setelah Melahirkan 40 Hari Dalam Bahasa Arab, Latin dan Artinya Lengkap


Paling lama nifas 60 hari tersebut, di hitung mulai dari keluarnya bayi. Adapun yang dihukumi darah nifas itu mulai dari keluarnya darah. Jadi, seumpama seorang wanita melahirkan anak pada tanggal 1 kemudian ketika mengeluarkan darah mulai tanggal 5 itu penuh 60 hari dan malamnya, dimulai tanggal 5, dan yang dihukumi darah nifas adalah mulai tanggal 5. Adapun waktu antara lahirnya bayi dengan keluarnya darah dihukumi suci. Oleh karena itu ia tetap berkewajiban shalat dan kewajiban kewajiban yang lain.

Niat mandi nifas bahasa arab

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ حَدَثِ الْأَكْبَرِ مِنَ النِّفَاسِ فَرْضًا لِلهِ تَعَالَى

Bahasa latin

NAWAITU GHUSLA LIRAF’IL HADATSIL AKBAR MINAN NIFASI FARDLON LILLAHI TA’ALA
Artinya :
Aku niat mandi untuk menghilangkan hadats besar dari nifas, fardlu karena Allah Ta’ala
Itulah sekilas bahasan tentang niat mandi nifas yang bisa saya tulis pada kesempatan kali ini, semoga penjelasan yang saya paparkan dapat dimengerti oleh pembaca semua, dan semoga bermanfaat. Baca juga doa sholat tahajud