Bacaan Doa Niat Puasa Arafah 9 Dzulhijjah Dan Tarwiyah Idul Adha Bahasa Arab Dan Artinya

Bacaan Doa Niat Untuk Puasa Sunnah Arafah 9 Dzulhijjah Dan Tarwiyah Lengkap Puasa arafah dan puasa tarwiyah adalah puasa yang dikerjakan pada tanggal 8 dan 9 pada bulan dzulhijjah, yang mana dari sejak kecil kita sudah diperintahkan oleh orang tua kita untuk mengerjakan puasa dua hari sebelum hari raya lebaran idul adha.

Dan pada kesempatan kali ini insya alloh saya akan menjelaskan sedikit tentan niat puasa arafah dan tarwiyah. Puasa arafah adalah puasa sunnah yang dikerjakan pada hari arafah tgl 9 dzulhijjah. dan puasa ini sangat dianjurkan pada orang mu'min dan muslim diseluruh dunia  yang tidak mengerjakan haji.

Sedangkan puasa tarwiyah adalah puasa yang dikerjakan pada hari tarwiyah yaitu hari ke 8 dzulhijjah. Mengerjakan kedua jenis puasa ini berdasarkan redaksi hadist yang artinya : Puasa pada hari Tarwiyah menghapuskan dosa satu tahun, dan puasa pada hari Arafah menghapuskan (dosa) dua tahun. Meskipun pangkat hadist ini dho'if, namun para ulama memperbolehkan mengamalkan hadist ini untuk memperoleh keutamaan.

Bacaan Doa Niat Untuk Puasa Sunnah Arafah 9 Dzulhijjah Dan Tarwiyah Lengkap


Adapun untuk bacaan niatnya sama saja dengan puasa yang lain, seperti dengan niat puasa senin kamis. Bagi anda yang belum mengetahui bacaan niat puasa arafah sebelum idul adha bahasa arab dan artinya silahkan simak di bawah ini.

 Niat Puasa Arafah Tanggal 9 Dzulhijjah


نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SHAUMA 'AROFATA SUNNATAN LILLAAHI TA'AALA

Artinya : Saya niat puasa sunnah arafah karena Allah Ta'ala

 Niat Puasa Tarwiyah Tanggal 8 Dzulhijjah
نَوَيْتُ صَوْمَ التَّرْوِيَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SHAUMAT TARWIYATA SUNNATAN LILLAAHI TA'AALA

Artinya : Saya niat puasa sunnah tarwiyah karena Allah Ta'ala
Namun kesunnahan puasa arafah ini tidak didasarkan pada waktu wukuf di padang arafah, karena ditinjau beda waktu yang ada di mekkah dan daerah lainnya. jadi kesunnahan ini dilihat dari waktu tgl hijriyyah di masing masing daerah. Dan mungkin itulah artikel saya tentang niat puasa sebelum idul adha semoga bermanfaat.