Bacaan Doa Sebelum Dan Sesudah Membaca Al-Qur'an Lengkap Latin Dan Artinya

Bacaan Doa Sebelum Dan Sesudah Membaca Al-Qur'an Lengkap Latin Dan Artinya Al qur'an adalah salah satu mu'jizat yang diberikan kepada nabi kita Muhammad saw, yang menjadi keagungan dan jadi pedoman bagi kita selaku umatnya unuk selalu berpegang teguh dalam menjalankan syariat islam, dan itu semua sudah lengkap dalam Al qur'an.

Begitu agungnya mu'jizat nabi kita ini, sampai sampai barang siapa yang membacanya akan menjadi nilai ibadah bahkan dengan membaca satu ayat yang paling pendek pun. Begitu banyak keterangan yang menjelaskan bahwa dengan membaca al qur'an secara istiqomah atau terus menerus akan menjadi keberkahan bagi yang membaca, rumah yang dibacakannya dan akan terhindar dari segala macam mara bahaya.

Apalgi pada bulan ramadhan khususnya, hampir seluruh umat islam didunia berlomba lomba untuk khotam yang artinya tamat membaca al qur'an dengan niat memdapat berkah dan memperbanyak ibadah. Dan pada bulan ramadhan jugalah al qur'an ini pertama kali diturunkan atau nuzulul qur'an juga dan malam lailatul qadar terjadi.

Bacaan Doa Sebelum Dan Sesudah Membaca Al-Qur'an Lengkap Latin Dan Artinya


Baiklah bagi yang belum mengetahui bacaan doa sebelum dan sesudah membaca al qur'an, dibawah ini saya tulis lengkap dengan arti dan latinnya.

Doa Sebelum Membaca Al qur'an

اَللهُمَّ افْتَحْ عَلَىَّ حِكْمَتَكَ وَانْشُرْ عَلَىَّ رَحْمَتَكَ وَذَكِّرْنِىْ مَانَسِيْتُ يَاذَاالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ

ALLOOHUMMAFTAH 'ALAYYA HIKMATAKA WANSYUR 'ALAYYA ROMA TAKA WA DZAKKIRNII MAANASIITU YAA DZAL JALAALI WAL IKROOMI

Artinya : Ya Allah bukakanlah hikmahMu padaku, bentangkanlah rahmatMu padaku dan ingatkanlah aku terhadap apa yang aku lupa, wahai Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan.

Doa Sesudah Membaca Al qur'an

 اَللَّهُمَّ ارْ حَمْنَا بِالْقُرْاٰنِ، وَجْعَلْهُ لَنَا اِمَامًا وَنُورًا وَهُدًى وَرَحْمَةً، اَللَّهُمَّ ذَكِّرْنَا مِنْهُ مَا نَسِيْنَا وَعَلِّمْنِا مِنْهُ مَاجَهِلْنَا، وَارْزُقْنَا تِلاَوَتَهُ اٰنَۤاءَ للَّيْلِ وَ اَطْرَافَ النَّهَارِ وَجْعَلْهُ لَنَا حُجَّةً يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ.
       
ALLAHUMMARHAMNİİ BİL QUR’ÂN, WAJ’ALHU Lİİ İMÂMAW WA NUUROO, WA HUDAA WA ROHMAH. ALLAHUMMA DZAKKİRNİİ MİNHU MAA NASİİTU, WA ‘ALLİMNİİ MİNHU MAA JAHİLTU, WARZUQNİİ TİLAAWATAHU AANAA-ALLAYLİ WA ATHROO FANNAHAAR, WAJ’ALHU Lİİ HUJJATAN, YAA ROBBAL ‘AALAMİİN.
          
Artinya : Yaa Allah curahkanlah rahmat kepadaku dengan Al-Qur’an, dan jadikan Al-Qur’an sebagai pemimpin, cahaya, petunjuk dan rahmat bagiku. Yaa Allah ingatkanlah aku terhadap apa yang telah aku lupakan dari Al-Qur’an. Ajarilah aku apa-apa yang belum aku ketahui dari Al-Qur’an. Anugerahilah aku kemampuan untuk senantiasa membacanya sepanjang malam dan siang. Jadikanlah Al-Qur’an hujjah  bagiku ( yang dapat menyelamatkanku) Wahai Tuhan Seluruh ‘Alam.

Sebaiknya kita memaksakan diri untuk selalu membaca dan mentadabur ma'na yang erkandung didalamnya, karena akan menjadi suatu pencerahan bagi hati kita. Dan biasakanlah untuk membacanya disetiap selesai sholat fardhu 5 waktu. Semoga doa belajar membaca al qur'an ini bermanfaat. Amiin