Bacaan Doa Masuk Rumah Dan Doa Keluar Rumah Lengkap Beserta Artinya Sesuai Sunnah

Bacaan Doa Ketika Masuk Rumah Dan Doa Keluar Rumah Membaca doa sebelum melakukan segala sesuatu adalah salah satu kebiasaan yang sangat baik dan dianjurkan oleh syari'at islam yang pastinya berasal dari hadist junjunan alam semesta yakni Nabi Muhammad Saw, oleh karena itu kita sebagai umat islam haruslah mengetahui secara detail setiap doa sehari hari sebelum kita beraktivitas.

Membaca doa merupakan salah satu sifat hamba yang sangat dipuji oleh Allah Swt, karena dengan doa kita memanggil nama Allah dan meminta pertolongan kepadaNYA agar apa yang kita kerjakan selalu dilancarkan dan diberi rahmat yang akibatnya bermanfaat bagi kita didunia dan diakhirat.

Dan oleh sebab itu kita harus mempelajari minimal doa sehari hari dan tata cara ibadah agar hidup kita tertata rapih dan berkah. Masalah doa sering kali dianggap sebelah mata oleh semua orang, karena memang pahala membaca doa tidak langsung diberikan didunia ini, melainkan diakhirat.

Bacaan Doa Ketika Masuk Rumah Dan Doa Keluar Rumah


Juga pada kesempatan kali ini saya akan memberi sedikit info tentang doa sebelum masuk rumah baru, rumah kosong dan juga doa keluar rumah, karena beda rumah beda juga bacaan doanya meskipun intinya sama yaitu meminta perlindungan kepada Allah. Yang belum mengetahui bacaan doanya silahkan langsung saja lihat diawah ini.



Doa Ketika Masuk Rumah

اَللهُمَّ اِنّىْ اَسْأَلُكَ خَيْرَالْمَوْلِجِ وَخَيْرَالْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللهِ رَبّنَا تَوَكَّلْنَا

ALLOOHUMMA INNII AS-ALUKA KHOIROL MAULIJI WA KHOIROL MAKHROJI BISMILLAAHI WA LAJNAA WA BISMILLAAHI KHOROJNAA WA 'ALALLOHI ROBBINAA TAWAKKALNAA.

Artinya :
Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakkal.

Lafad Doa ketika Masuk Rumah Kosong

اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ

ASSALAAMU'ALAINAA WA 'ALAA 'IBAADILLAAHISH SHOOLIHIINA

Artinya : Hamba-hamba Allah yang sholih.

Bacaan Bacaan Doa Keluar Rumah

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

BISMILLAAHI TAWAKKALTU 'ALALLOOHI LAA HAWLAA WALAA QUWWATA ILLAA BILLAAHI

Artinya : Dengan menyebut nama Allah aku bertawakal kepada Allah, tiada daya kekuatan melainkan dengan Allah.

Alasan kenapa kita harus membaca doa ketika masuk rumah dan doa keluar rumah adalah, karena di dalam rumah atau ruangan pasti ada makhluk yang tidak kasat mata, dan jika kita mendoakannya maka akan menambah pahala bagi kita, jadi tidak hanya dalam doa sholat tahajud saja kita bedoa agar mendapat kebaikan, melainkan dalam doa masuk dan keluar rumah juga kita bisa.