Rangkaian Kata Ucapan Selamat Tahun Baru 2017

Kata Ucapan Selamat Tahun Baru 2017 Malam pergantian tahun menjadi salah satu gerbang bagi kita untuk membuka lembaran baru yang lebih baik dibandingkan dengan tahun yang sebelumnya, yang mana pasti ada satu pekerjaan atau cita cita keinginan yang belum kita raih di tahun kemarin dan di moment tahun yang baru ini menjadi moment buat kita untuk segera mendapatkannya.

Pada saat ini banyak sekali blogger indonesia yang menyediakan kata kata menyambut tahun baru dengan berbagai jenis kosakata, mulai dari kata mutiara tahun baru, kata tahun baru lucu, romantis dan islam bahkan ada juga yang berkosakata kata ucapan tahun baru bahasa inggris. Namun bagaimanakah hukum bagi umat islam memberi ucapan tahun baru..?

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa hitungan hari yang menjadi patokan bergantinya minggu, bulan dan tahun di dunia ada dua, yaitu tahun hijriyah dan tahun masehi, yag mana tahun hijriyah tahunnya umat muslim dan tahun masehi hitungan umat non muslim. Tapi ada satu pebedaan yang sangat mencolok dari cara umat islam dalam merayakan pergantian tahun hijriyah yaitu umat islam selalu mengisi pergantian tahun dengan kegiatan yang fositiv seperti perlombaan dalam hal keagamaan yang bertujuan mengevaluasi hasil belajar tahun sebelumnya.

Kata Kata Ucapan Selamat Menyambut Tahun Baru 2017

Tapi mungkin pada jaman sekarang merayakan tahun baru masehi sudah menjadi tradisi diseluruh dunia, dan umat islam juga ikut merayakannya dengan berbagai alasan, ada yang beralasan hanya ingin melihat keramaian, melihat kembang api dijalan dan di alun alun kota.  Dan memang ada keterangan yang menyebutkan bahwa bila kita sebagai umat islam yang ikut merayakan malam pergantian tahun dan mengucapkan ucapan selamat tahun baru kepada umat non muslim hukumnya adalah haram dan berdosa.

Baca Juga : Ucapan Bulan Ramadhan

Dan bagi yang mempunyai keinginan atau sudah mempunyai rencana untuk merayakan acara taun baruan, maka sebaiknya anda berfikir kembali, dan renungkan keterangan Imam Nawawi dibawah ini.


 قال الإمام النووي الشافعي في (الروضة) 10/230 عند المسألة العاشرة من مسائل في السلام
: (قول الرافعي)..العاشرة في استحباب السلام على الفساق ووجوب الرد على المجنون والسكران إذا سلما وجهان ولا يجوز ابتداء أهل الذمة بالسلام فلو سلم على من لم يعرفه فبان ذمياً استحب أن يسترد سلامه بأن يقول استرجعت سلامي تحقيراً له وله أن يحيي الذمي بغير السلام بأن يقول هداك الله أو أنعم الله صباحك ولو سلم عليه ذمي لم يزد في الرد على قوله وعليك.
قلت (النووي): ما ذكره من استحباب استرداد السلام من الذمي ذكره (المتولي) ونقله عن ابن عمر رضي الله عنهما ، وقوله أن يحيي الذمي بغير السلام ذكره المتولي وهذا إذا احتاج إليه لعذر فأما من غير حاجة فالاختيار أن لا يبتدئه بشيء من الإكرام أصلاً فإن ذلك بسطٌ له وإيناس وملاطفة وإظهار ودٍّ وقد قال الله تعالى {لا تجد قوماً يؤمنون بالله واليوم الآخر يوادون من حاد الله ورسوله}

Nah dan bisa disimpulkan bahwa memberi ucapan tahun baru 2017 hukumnya adalah sebagai berikut :
 1. Bila perbuatan tersebut (memberi ucapan) dilakukan ada rasa senang dengan tujuan meniru mereka dalam rangka (ikut serta) syiar atas kekufuran mereka maka hukumnya kufur secara pasti.

2. Bila bertujuan ikut meramaikan hari rayanya orang kafir (tanpa memandang kekufuran mereka) hukumnya berdosa
 Mungkin hanya itu informasi yang bisa saya bagikan pada pembaca semua sesama umat islam, semoga coretan diatas bisa bermanfaat bagi penulis dan bagi kita semua.