Bacaan Doa Niat Tata Cara Sholat Taubat Nasuha Lengkap Arab, Latin Dan Artinya

Bacaan Doa Niat Tata Cara Sholat Taubat Nasuha Arab, Latin Dan Artinya  Sholat taubat adalah sholat sunnah yang dilaksanakan setelah kita mengerjakan maksiat seperti zina, mabuk, membunuh dan masih banyak lagi dosa besar yang patut dan patut kita taubati dan tentunya sesuai sunnah.

Karena alangkah baiknya jika kita selalu menbiasakan diri melaksanakan sholat yang satu ini, alasannya adalah sabda nabi kita yang artinya kurang lebih seperti ini " Orang yang bertaubat seperti orang yang tidak punya dosa" dalam arti kita bersih kembali setelah kita melakukan beberapa dosa, bahkan dosa besar sekalipun. Karena Allah adalah dzat yang maha pemberi ampun.

Memang ada satu dosa yang tidak akan diampuni oleh Allah yaitu Musyrik, tapi dengan catatan jika orang yang musyrik itu tidak taubat sampai dia meninggal. Jadi apabila sebelum meninggal dia bertaubat dulu kepada allah dengan bersungguh sungguh, maka pasti Allah akan mengampuni semua dosanya.

Niat Sholat Taubat Nasuha Dan Doanya Lengkap Latin Dan Terjemahan


Dalam taubat ada kata nasuha yang artinya taubat dengan sebenar benar benarnya, dalam arti taubat yang sesungguhnya. Dan para ulama salaf atau ulama terdahulu memberi beberapa syarat dan ciri kepada kita jika kita ingin taubat kita di terima oleh Allah SWT yaitu :

1. Tidak mengulang kembali perbuatan dosa yang pernah dilakukan.
2. Bermaksud tidak akan mengulanginya kembali.
3. Ada penyesalan dalam hati.
4. Minta maaf pada orang yang pernah kita dzolimi dan hartanya kasih kembali.
5. Meminta ampunan kepada Allah dengan bersungguh sungguh.

Itulah beberapa ciri atau alamat dosa kita diampuni oleh Allah dan taubat kita diterima. Baiklah dibawah ini akan saya sajikan Niat dan doa sesusah sholat taubat. Silahkan simak :

Niat Sholat Taubat


أُصَلِّى سُنَّةَ التَّوْبَةَ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى


Ushalli Sunnatat Taubata Rak’ataini Lillahi Ta’ala


Artinya: Saya niat shalat sunnah taubat dua rakaat karena Allah.
Doa Setelah Sholat Taubat :

استغفرالله العظيم الذى لااله الاهو الحي القيوم واتوب اليه توبة عبد ظالم لايملك لنفسه ضراولا نفعا ولاموتا ولاحياة ولانشورا.

Artinya : saya memohon ampunan kepada Allah Yang Maha Agung, saya bersaksi bahwa tidak ada Tuhan melainkan Allah, Tuhan yang senantiasa hidup dan mengawasi, saya memohon taubat kepada-Nya sebagaimana taubatnya hamba yang dholim yang berdosa tidak memiliki daya upaya untuk berbuat mudharat atau manfaat untuk mati atau hidup maupun bangkit nanti.


اللهم أنت ربيى لااله الا انت خلقتنى واناعبدك وانا على عهدك ووعدك مااستطعت. اعوذبك من شرّ ماصنعت ابوء لك بنعمتك علىّ وابوء بذنبي فاغفرلى لايغفر الذّنوب الا انت


Ya Allah, Engkaulah Tuhan kami, tiada Tuhan melainkan Engkau yang telah menciptakan aku, dan akulah hamba-Mu. Dan aku pun dalam ketentuan serta janji-Mu yg sedapat mungkin aku lakukan. Aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yg telah aku lakukan, aku mengakui nikmat-Mu yang Engkau limpahkan kepadaku, dan aku mengakui dosaku, karena itu berilah ampunan kepadaku, sebab tiada yg dapat memberi ampunan kecuali Engkau sendiri. Aku memohon perlindungan Engkau dari segala kejahatan yg telah aku lakukan.
Menjadi suatu amalan yang sangat baik dan disenangi oleh Allah jika kita senan tiasa mengerjakan sholat taubat ini setiap malam sebelum tidur, karena itu sama dengan kita merasa lemah dihadapan Allah dan merasa diri kita kotor karena kita selalu melakukan maksiat kepadaNYA. Semoga tentang cara sholat taubat diatas bisa bermanfaat bagi kita semua dan semoga kita selalu tergolong orang orang yang bersih dari dosa. Amiin