Bacaan Doa Sebelum Makan Dan Sesudah Makan, Minum Lengkap Beserta Artinya

Bacaan Doa Sebelum Makan Dan Sesudah Makan, Minum Lengkap Beserta Artinya Makan dan minum merupakan satu hl yang sangat penting bagi manusia biasa seperti kita pada umumnya, karena dengan makan kita bisa merawat tubuh dalam kita dengan baik, dan akibatnya tubuh kita akan sehat dan segar, berbeda jika kita tidak makan atau telat makan, tubuh akan terasa lemas.

Tapi kita sebagai umat islam tidaklah gegabah dalam melakukan segala hal, jangankan soal peribadahan yang bernilai wajib dan sunnah seperti sholat, puasa dan banyak lagi ibadah yang lainnya, ada aturan yang harus kita lakukan jika kita ingin hal yang biasa saja menjadi yang luar biasa, contohnya makan.

Ada aturan yang baik bagi kesehatan tubuh kita juga mempunyai nilai ibadah jika kita meniru cara makan Rasulullah Saw, yaitu berdoa terlebih dahulu sebelum makan, makan sambil duduk, dan jangan tergesa gesa, perbanyak kunyahan kita supaya tekstur makanan yang kita makan menjadi lembut sehingga mudah dicerna oleh tubuh kita.

Bacaan Doa Sebelum Makan Dan Sesudah Makan/Minum Lengkap Beserta Artinya


Jadi bukan hanya hanya soal tata cara ibadah mahdlohh saja yang harus kita tiru dari baginda Rasul, seperti sholat fardhu 5 waktu, sholat sunnah yang mencakup sholat tahajud, sholat dhuha, melainkan tata cara hidup sehari hari pun kita harus meniru beliau agar menjadi nilai ibadah. Dan baiklah bila pembaca belum mengetahui bacaan doa sebelum dan sesudah makan/minum bisa anda lihat dibawah ini. :

Doa Sebelum Makan


الحمد لله حمدا كثيرا طيبا مباركا فيه غير مودع ولا مستغنى عنه ربنا

Alhamdulillahi hamdan katsiran thayyiban mubarakan fihi, ghaira muwadda'iw wa la mustaghnan `anhu RabbanaArtinya : Segala puji bagi Allah, puji yang banyak tiada terhingga. Puji yang baik lagi berkah padanya.Puji yang tidak pernah berhenti. Dan puji tidak akan mampu lisan menuturkannya, ya Allah Rabbal `Alamin.

Doa Sesudah Makan

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْنَ

ALHAMDU LILLAAHIL LADZII ATH'AMANAA WA SAQOONAA WA JA'ALANAA MUSLIMIIN

Artinya : Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan minuman kami, serta menjadikan kami sebagai orang-orang islam.

Doa Sesudah Minum

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ جَعَلَهُ عَذْبًا فُرَاتًا بِرَحْمَتِهِ وَلَمْ يَجْعَلْهُ مِلْحًا اُجَاجًا بِذُنُوْبِنَا

ALHAMDU LILLAAHIL LADZII JA'ALAHUU 'ADZBAM FUROOTAM BIROHMATIHII WA LAMYAJ'ALHU MILHAN UJAAJAM BIDZUNUUBINAA

Artinya : Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan air ini (minuman) segar dan menggiatkan dengan rahmat-Nya dan tidak menjadikan air ini (minuman) asin lagi pahit karena dosa-dosa kami.

Bacaan doa mau makan diatas mungkin sudah kita anggap hal yang sepele, tapi jika kita tidak belajar atau menghafalnya dari kecil maka sampai dewasa juga kita tidak akan mengetahuinya. Semoga doa diatas bermanfaat bagi kita semua, dan jangan lupa ajarkanlah adik adik dan anak anak kita sejak dari mereka kecil, supaya dikala dewasa kelak mereka sudah terbiasa.