Contoh Teks Khutbah Jum'at Singkat Terbaru tentang Maulid Nabi Muhammad SAW

Contoh Teks  Khutbah Jum'at Singkat Terbaru tentang Maulid Nabi Muhammad SAW Maulid Nabi SAW merupakan salah satu hari dari beberapa hari kebesaran agama islam yang haru kita peringati, karena ada begitu banyak hikmah yang bisa kita dapat dari peringatan tersebut dan yang paling penting juga pokok dari peringatan hari besar islam adalah bertambahnya keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah.

Dan ini merupakan jalan yang dicontohkan oleh para ulama terdahulu untuk mengajak umat menuju jalan yang benar, karena dengan memperingati hari kebeseran agama islam akan mengggah pikiran kita akan perjalanan Rasulullah SAW khususnya, dan besar harapan akan menimbulkan cita cita yang tinggi untuk memperdalam ilmu agama dan menambah ibadah kita.

Oleh karena itu kita selaku umat islam sudah sepatutnya dan wajib meneruskan da'wah yang dicontohkan oleh para ulama yang bersumber dari al qur'an dan sunnah Rasul. Dan pada kesempatan kali ini setelah sebelumnya saya membagikan contoh khutbah jumat tentang bulan safar,  insya allah saya akan membagikan satu artikel contoh khutbah jum'at tentang maulid Nabi SAW. Silahkan disimak.

Contoh Teks  Khutbah Jum'at Singkat Terbaru tentang Maulid Nabi Muhammad SAW


إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْهُ فَلاَ هَادِيَ لَهُ.
وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.
اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ.
يَا أَيُّهَا النَّاسُ أُوْصِيْكُمْ وَإِيَّايَ بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ.
قَالَ تَعَالَى: يَا أَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُمْ مُّسْلِمُوْنَ.
قَالَ تَعَالَى: وَمَا أَرْسَلْنَا فِي قَرْيَةٍ مِنْ نَذِيرٍ إِلَّا قَالَ مُتْرَفُوهَا إِنَّا بِمَا أُرْسِلْتُمْ بِهِ كَافِرُونَ.
يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ وَقُوْلُوْا قَوْلاً سَدِيْدًا. يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللهَ وَرَسُوْلَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيْمًا.
أَمَّا بَعْدُ؛
فَإِنَّ أَصْدَقَ الْحَدِيثِ كِتَابُ اللهَ، وَخَيْرَ الْهَدْيِ هَدْيُ مُحَمَّدٍ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَشَّرَ الأُمُورِ مُحْدَثَاتُهَا وَكُلَّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ وَكُلَّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ وَكُلَّ ضَلاَلَةٍ فِي النَّارِ


Ahli jumat rahimakumullah....

Pada waktu shubuh hari senin tanggal 12 rabiul awwal 53 tahun sebelum kalender hijriyyah yang bertepatan dengan 20 april tahun 571 masehi miladiyah dikota mekah, kota suci kesatu umat islam, lahir satu bayi laki laki dari keluarga sholeh Sayyid Abdullah bin abdil Muttalib dan Sayiidah Aminah binti Wahab, bayi yang sampulur mulus diberi nama Muhammad oleh eyangnya, karena bapaknya wafat pada waktu bayi masih dalam kandungan dua bulan. Lailaaha illallahu huwallahu akbar walillahil hamdu.

Hikmah maulid Nabi

Maulid dalam bahasa arab bisa dipakai dalam tiga hal, satu jadi isim makan yang artinya tepat lahirnya yaitu kota makah tanah arab. Dua isim jaman yang artinya waktu lahirnya yaitu tahun 571 masehi abad ke enam. Tiga masdar yang artinya lahirnya beliau. Jadi apabila ada yang bertanya kepadda kita apa hikmahnya maulid jawabannya adalah :

1. Beliau mempunyai ibu dan bapak (dilahirkan) karena supaya tidak ada yang menilai dan tidak ada anggapan mempertuhan, karena ada satu keterangan yang artinya " Sesungguhnya aku adalah manusia seperti kalian, akan tetapi ada bedanya yaitu aku diberi wahyu.

2. Sebab dilahirkan di kota makah adalah :
* Karena kota makah merupakan tengah tengah dunia, kesebelah selatan dekat afrika, kesebelah barat dekat eropa dan ke timur dekat asia.

* Di kota makah itu ada ka'bah dan sumber iar jam jam yang diburu oleh manusia, jadi jalan da'wah islmiah akan gampang sebab jaraknya yang dekat.

* Bangsa arab merupakan bangsa yang suka berpidato dan bagus dari segi sastranya, bangsa yang paling gampang diberikan amanat da'wah agama.

3. Hikmah ketiga Rasulullah dilahirkan pada abad keenam adalah, karena menurut para ahli sejarah bahwa abad keenam adalah abad yang kosoong dari ajaran tauhid dan akhlaqul karimah. Yang menyembah berhala dimana mana, parepeh (membunuh gadis) di arab dan mengubur orang hidup hidup di mesir (afrika) singkatnya diseluruh dunia penuh dengan perma'siatan, dan dalam masalah perbatasan negara belum ketat seperti saat ini, seluruh manusia haus akan persamaan hak dan keadilan. Jadi begitu tepatnya Allah menurunkan Rasul pada abad itu karena pas dengan kebutuhan umat.

Maka kita wajib bertaqwa kepada Allah dan kita wajib memberi peringatan pada umat dalam memperingati hari hari kebesaran agama islam, wajib mengegungkan syi'ar agama Allah, seseorang yang mengagungkan syi'ar agama Allah itu mempunyai taqwa yang ikhlas karena Allah. Semoga kita semua mendapat syafa'at Rasulullah.

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ   بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم مُحَمَّدٌ رَسُولُ اللَّهِ ۚ وَالَّذِينَ مَعَهُ أَشِدَّاءُ عَلَى الْكُفَّارِ رُحَمَاءُ بَيْنَهُمْ ۖ تَرَاهُمْ رُكَّعًا سُجَّدًا يَبْتَغُونَ فَضْلًا مِنَ اللَّهِ وَرِضْوَانًا ۖ سِيمَاهُمْ فِي وُجُوهِهِمْ مِنْ أَثَرِ السُّجُودِ ۚ ذَٰلِكَ مَثَلُهُمْ فِي التَّوْرَاةِ ۚ وَمَثَلُهُمْ فِي الْإِنْجِيلِ كَزَرْعٍ أَخْرَجَ شَطْأَهُ فَآزَرَهُ فَاسْتَغْلَظَ فَاسْتَوَىٰ عَلَىٰ سُوقِهِ يُعْجِبُ الزُّرَّاعَ لِيَغِيظَ بِهِمُ الْكُفَّارَ ۗ وَعَدَ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ مِنْهُمْ مَغْفِرَةً وَأَجْرًا عَظِيمًا

 بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ، وَتَقَبَلَّ اللهُ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ، إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ. وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ. أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ لِيْ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِيِمْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ. فَاسْتَغْفِرُوْهُ، إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ  


Mungkin itulah contoh khtubah maulid nabi terbaru yang bisa saya bagikan pada saaat ini tentang Maulid Nabi SAW. Semoga artikel diatas bermanfaat bagi kita semua.