Bacaan Doa Rebo Wekasan Pada Malam Rabu Terakhir Bulan Safar

Bacaan Doa Rebo Wekasan Pada Malam Rabu Terakhir Bulan Safar Malam rabu wekasan atau dalam bahasa sunda rabu wakasan  dan ada juga yang menyebutnya rabu pengkasan adalah malam rabu terakhir pada bulan safar dan menurut ulama ahli ma'rifat yang sudah kasyaf  bahwa pada malam inilah waktu diturunkannya 320.000 cobaan ke alam dunia. Sebagaimana Syeikh Ad Dairabi berkata dalam kitab Mujarrabat :

ذَكَرَ بَعْضُ الْعَارِفِيْنَ مِنْ أَهْلِ الْكَشْفِ وَالتَّمْكِيْنِ أَنَّهُ يَنْزِلُ فِيْ كُلِّ سَنَةٍ ثَلَاثُمِائَةِ أَلْفِ بَلِيَّةٍ وَعِشْرُوْنَ أَلْفًا مِنَ الْبَلِيَّاتِ، وَكُلُّ ذَلِكَ فِيْ يَوْمِ الْأَرْبِعَاءِ الْأَخِيْرِ مِنْ صَفَرَ؛ فَيَكُوْنُ ذَلِكَ الْيَوْمُ أَصْعَبَ أَيَّامِ السَّنَةِ؛

Dan sudah menjadi kebiasaan hampir diseluruh penjuru dunia disetiap malam rabu wekasan selalu berkumpul dimasjid dan melakukan beberapa amalan pada malam itu sebagaimana yang sudah dituliskan oleh beberapa ulama dalam kitabnya. Bagi pembaca yang belum mengetahui juga tidak bisa berkumpul bersama di mesjid dan ingin mengerjakan amalan malam rabu wekasan dirumah bisa anda lihat beberapa doa amalan malam rabu wekasan dibawah ini dan sebaiknya kita mengerjakan amalannya setelah selesai sholat tahajud  :

Doa Amalan Pada Malam Hari Rabu Wekasan Bulan Safar 2016


1. Amalan menurut Syeikh Ad Dairabi dan tertulis di kitab mujarrobat

Mengerjakan sholat sunnah 4 rakaat dan pada setiap rakaatnya setelah surat Al fatihah membaca =
Surat Al Kautsar 17 kali
Surat Al Ikhlash 5 kali
Al Mu’awwidzatain (Surat Al Falaq dan Annaas) masing-masing satu kali.

Dan setelah sholat hendaklah membaca doa berikut :

بِسْــمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
وَصَلَّى اللهُ تَعَالَى عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ،
اَللّـٰـهُمَّ يَا شَدِيْدَ الْقُوٰى ، وَيَا شَدِيْدَ الْمِحَالِ ، يَا عَزِيْزُ ، يَا مَنْ ذَلَّتْ لِعِزَّتِكَ جَمِيْعُ خَلْقِكَ ، اِكْفِـنِيْ مِنْ شَرِّ جَمِيْعِ خَلْقِكَ ، يَا مُحْسِنُ ، يَا مُجَمِّلُ ، يَا مُتَفَضِّلُ ، يَا مُنْعِمُ ، يَا مُتَكَرِّمُ، يَا مَنْ لآَ إِلٰـهَ إِلاَّ أَنْتَ ، اِرْحَمْنِيْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.
اَللّـٰـهُمَّ بِسِرِّ الْحَسَنِ وَأَخِيْهِ وَجَدِّهِ وَأَبِـيْهِ وَأُمِّـهِ وَبَنِيْـهِ اِكْفِـنِيْ شَرَّ هٰذَا الْيَوْمِ وَمَا يَنْزِلُ فِيْهِ . يَا كَافِيْ (فَسَـيَكْفِيْـكَهُمُ اللهُ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ) ، وَحَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ
وَصَلَّى اللهُ تَعَالَى عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آٰلِـهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ.

Artinya : Dengan menyebut asma Allah Yang maha Pengasih lagi Maha Penyayang Semoga Allah Ta’ala senantiasa melimpahkan salawat dan salam atas junjungan kita Nabi Muhammad dan atas keluarga serta para sahabat beliau Ya Allah Wahai Yang Maha Kuat kekuatan-Nya, wahai Yang sangat rekadaya-Nya, wahai Yang Maha Perkasa yang mana kepada keperkasaan-Mu tunduklah segala makhluk, cukupkanlah aku dari segala makhluk-Mu, wahai Yang Maha Baik, wahai Yang Maha Memperindah, wahai Yang Maha Memberi karunia, wahai Yang Maha Memberi nikmat, wahai Yang Maha Memulyakan, wahai Yang tiada Tuhan selain Engkau, kasihilah aku dengan rahmat-Mu wahai Yang Maha Penyayang di antara para penyayang.Ya Allah, dengan rahasia yang ada pada sayyid Hasan, saudaranya (Sayyid Husein) , kakeknya (Nabi Muhammad shallallaahu ‘Alaihi wasallam) , ayahnya (sayyidina Ali) ,ibunya (Sayyidah Fathimah), serta keturunannya jauhkanlah hamba dari keburukan hari ini dan keburukan yang turun di dalamnya, wahai Dzat Yang mencukupi ( Allah akan mencukupi kamu sekalian dan Allah Maha mengetahui lagi Maha mendengar). Dia adalah sebaik-baik Dzat Yang mencukupi dan menguasai, tiada daya dan kekuatan selain hanya dari Allah yang maha Agung dan maha Luhur. Dan semoga Allah Ta'ala mencurahkan rahmat-Nya atas junjungan kita Nabi Muhammad beserta keluarga dan para shahabat beliau.

Barang siapa yang mengerjakan amalan rabu wekasan diatas insya allah akan terhindar ari semua bencana dan terjaga sepanjang tahun.

2. Amalan menurut SYAIKH AL BUUNIYYU dalam kitab al firdaus.

Mengerjakan sholat sunnah 6 rakaat dengan 3 salam dan disetiap rakaat membaca :
Rakaat kesatu setelah surat fatihah membaca ayat kursi
Rakaat kedua membaca surat al ikhlas, lalu kemudian membaca doa berikut ini :

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ بِأَسْمَائِكَ الْحُسْنَى وَبِكَلِمَاتِكَ التَّامَّاتِ وَبِحُرْمَةِ نَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ أَنْ تَحْفَظَنِيْ وَأَنْ تُعَافِيَنِيْ مِنْ بَلَائِكَ يَا دَافِعَ الْبَلَايَا يَا مُفَرِّجَ الْهَمِّ وَيَا كَاشِفَ الْغَمِّ اِكْشِفْ عَنِّيْ مَا كُتِبَ عَلَيَّ فِيْ هَذِهِ السَّنَةِ مِنْ هَمٍّ أَوْ غَمٍّ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ
وَصَلَّى اللهُ عَلَي سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ تَسْلِيْمًا

Artinya : Ya Allah, Sesungguhnya hamba memohon Engkau dengan Asma Engkau yang bagus, dan kalimah Engkau yang sempurna, dan dengan kehormatan Nabi Engkau, Nabi Muhammad shallallaahu ‘alaihi wasallam, agar Engkau menjaga hamba, Engkau melindungi hamba dari bala Engkau, Wahai Dzat Yang menolak segala bala, wahai Dzat Yang menghilangkan kesedihan, Wahai Dzat yang melenyapkan kesusahan, hilangkan dari hamba perkara yang ditulis atas hamba didalam tahun ini berupa kesedihan atau kesusahan. Sesungguhnya Engkau Maha kuasa atas segala sesuatu. Semoga Allah mencurahkan rahmat dan salam sebenar-benar salam atas penghulu kami, Nabi Muhammad, keluarga beliau, dan shahabat beliau.  

Nah mungkin itulah beberapa doa rebo wekasan yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini, semoga kita semua sesama umat muslim bisa terhindar dari segala macam mara bahaya dan semoga senan tiasa selalu dalam lindungan rahmat dan magfirah Allah SWT. Amiin

Artikel Terkait : Tata Cara Sholat Hajat Rebo Wekasan