Lafadz Bacaan Niat Puasa Sunnah Asyura Dan Tasu'a Hari Ke 9-10 Bulan Muharram

Lafadz Bacaan Niat Puasa Sunnah Asyura Dan Tasu'a Hari Ke 9-10 Bulan Muharram Sebelumnya saya lanjut ke pokok pembahasan artikel ini yaitu niat puasa sunnah asyura dan tasu'a pada hari 9 dan 10 pada bulan muharram secara lengkap, saya akan terlebih dahulu memohon maaf lahir dan batin kepada pembaca semua blogsantry yang sangat sederhana ini. Meskipun waktu lebaran idul fitri sudah terlewat, tapi tidak ada salahnya jika kita saling memafkan terlebih dahulu, karena untuksaling maaf maafan bukan hanya pada moment idul fitri saja.

Beralih pada pokok bahasan yaitu puasa asyura an tasu'a, mungkin puasa ini adalah puasa sunnah tahunan yang kedua setelah puasa wajib dibulan ramadhan, karena sebelumnya kita sebagai umat islam biasa melaksanakan puasa sunnah dibulan syawal atau tepat setelah hari raya idul fitri.

Ada satu keterangan yang menyebutkan bahwa jika kita melaksanakan puasa satu hari dibulan pada tanggal 10 bulan ramadahan atau puasa asyura, maka pahalanya adalah menghapus dosa selama satu tahun sebelumnya. Pahala yang sangat besar bukan..? Karena memang banyak sekali kejadian atau sejarah yang terjadi pada tanggal 10 bulan muharram ini, salah satu diataranya adalah :

Lafadz Bacaan Niat Puasa Sunnah Asyura Dan Tasu'a Hari Ke 9-10 Bulan Muharram


1. Allah menurunkan kitab Taurat kepada Nabi Musa
2. Nabi Yusuf dibebaskan dari penjara
3. Penglihatan Nabi Yaakob yang kabur dipulihkkan Allah
4.  Nabi Ayub dipulihkan Allah dari penyakit kulit yang dideritainya
5. Nabi Yunus selamat keluar dari perut ikan paus setelah berada di dalamnya selama 40 hari 40 malam
6. Laut Merah terbelah dua untuk menyelamatkan Nabi Musa dan pengikutnya dari tentera Firaun.Dan masih banyak lagi kejadian kejadian penting lainnya.

Dan kita juga bisa menggabungkan niat puasa sunnah ini dengan niat puasa ganti. Juga bagi pembaca yang ingin melaksanakan puasa sunnah asyura dan tasu'a pada tanggal 9 dan 10 bulan muharram, dan belum mengetahui bacaan niatnya bisa dilihat dibawah ini. Silahkan disimak.

Niat Puasa Tasu’a (9 Muharram)

نَوَيْتُ صَوْم تَاسُعَاء سُنَّة لله تَعَالى

Nawaitu sauma tasu’a sunnatal lillahita’ala
Artinya: Saya niat puasa hari tasu’a, sunnah karena Allah ta’ala

Niat Puasa Asyura (10 Muharram)

نَوَيْتُ صَوْم عشرسُنَّة لله تَعَالى

Nawaitu sauma Asyuro sunnatal lillahita’ala
Artinya: Saya niat puasa hari asyura , sunnah karena Allah ta’ala

Selain mengerjakan niat puasa asyura dan tasu'a kita juga disunnahkan untuk mengerjakan beberapa ibadah yaitu sebagai berikut.

1. Sholat, dan yang paling utama adalah sholat tasbih
2. Puasa
3. Sodaqoh
4. Memberi keleluasaan kepada keluarga (seperti dengan memberi nafkah lebih dari hari-hari biasanya)
5. Mandi
6. Mengunjungi orang ‘alim yang solih
7. Menengok orang sakit
8. Mengusap kepala anak yatim
9. Bercelak
10. Memotong kuku
11. Membaca QS. Al ikhlash 1000 kali
12. Silaturahim

Mungkin itulah sedikit ulasan yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini, semoga ulasan tersebut bisa bermanfaat bagi kkta semua. Amiin